Skip to main content

Alasan Hamzah Paman Nabi Muhammad ﷺ Memeluk Agama Islam

Hamzah Masuk Islam

Kataba Islam - Kezaliman kaum Quraisy kepada kaum Muslim terus berlanjut. Sampai akhirnya kezaliman itu menyebabkan paman Nabi ﷺ "Hamzah bin 'Abdul Muthallib" masuk Islam di akhir tahun ke-6 masa kenabian. 

Kisahnya bermula di Bukit Shafa saat Abu Jahal sedang menyiksa Nabi ﷺ. Ia memukul Rasul secara bertubi-tubi. Wajah Rasulullah ﷺ memar. Melihat orang yang sangat dibencinya luka, Abu Jahal segera pergi menuju Ka'bah menemui kaumnya. Namun seorang budak wanita 'Abdullah bin Jud'an melihat kekejaman Abu Jahal. 

Ia segera mencari orang untuk memberitahu peristiwa tersebut dan bertemulah dengan Hamzah yang baru pulang berburu. Darah muda Hamzah bergolak mendengar cerita budak itu. Harga dirinya terinjak-injak karena Abu Jahal telah menghina keturunan Bani Hasyim. Hamzah marah besar dan bergegas pergi mencari Abu Jahal, 

Setibanya di Masjid al-Haram, ia langsung berdiri persis di depan Abu Jahal. "Engkau berani mencaci maki kemenakanku, padahal aku telah memeluk agamanya?" bentak Hamzah sambil memukul Abu Jahal dengan gagang busur panah.

Sebagian orang dari Bani Makhzum, suku Abu Jahal, terpancing emosi mereka. Begitu juga orang-orang dari Bani Hasyim dari suku Hamzah. Abu Jahal melerai dan berkata, "Biarkan Abu 'Imarah (julukan Hamzah)! Sebab aku memang telah mencaci maki kemenakannya dengan cacian yang amat jelek." (Ibnu Hisyam). 

Hamzah lalu menemui Rasulullah saw dan menceritakan tentang ucapannya bahwa ia telah memeluk Islam. "Aku tidak mungkin mencabut ucapanku," kata Hamzah. Lalu Rasulullah saw menawarkan Islam dan Hamzah menerimanya.

Baca Juga: Hanya berselang 3 hari, Umar Bin Khattab juga memeluk Agama Islam. Baca disini.


Penulis&Artikel: katabaislam.com

Ref: DR.Ahmad Hatta, MA. dkk.

Kol: MagfiraPustaka

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar