Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Wasiat Rasulullah ﷺ Yang Wajib Diketahui Umat Islam

13 Wasiat Rasulullah ﷺ Yang Wajib Diketahui Umat Islam

Kataba Islam - Rasulullah ﷺ adalah rahmat dan anugrah terbesar dari Allah kepada umat manusia dan khususnya kepada orang-orang yang beriman sebagaimana firman Allah berikut:

لَقَدْ مَنَّ اللّٰهُ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ اِذْ بَعَثَ فِيْهِمْ رَسُوْلًا مِّنْ اَنْفُسِهِمْ يَتْلُوْا عَلَيْهِمْ اٰيٰتِهٖ وَيُزَكِّيْهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَۚ وَاِنْ كَانُوْا مِنْ قَبْلُ لَفِيْ ضَلٰلٍ مُّبِيْنٍ - ١٦٤

Artinya: Sungguh, Allah telah memberi karunia kepada orang-orang beriman ketika (Allah) mengutus seorang Rasul (Muhammad) di tengah-tengah mereka dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Kitab (Al-Qur'an) dan Hikmah (Sunnah), meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata.

Mengapa disebut anugrah bagi seluruh umat manusia? Karena secara keseluruhan, kehidupan Rasulullah ﷺ merupakan suri teladan. Beliau memberi contoh nyata dan beberapa wasiat bagaimana seharusnya manusia hidup untuk meraih sukses di dunia dan akhirat.

Berikut wasiat Rasulullah ﷺ selama hidupnya yang Kataba Islam ketahui:

  1. Dari Ibnu Umar ra. Rasulullah ﷺ bersbda "Sesungguhnya orang yang terbaik dari kalian adalah orang yang terbaik (perilakunya) kepada istri-istrinya." (HR. Ibnu Majah)
  2. Jarmuz al-Juhani berkata, "Wahai Rasulullah, nasihatilah/berilah aku wasiatmu." Rasulullah ﷺ bersabda,"Aku mewasiatkan kamu untuk tidak menjadi orang yang sering melaknat orang." (HR. Ahmad).
  3. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah ﷺ bersabda, "Jibril mewasiatkanku (untuk peduli) dengan tetangga, hingga aku mengira bahwa mereka akan mendapatkan warisan." (HR. Ahmad).
  4. Siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaknya ia tidak menyakiti tetangganya (HR. Bukhari).
  5. Dari Syuyan bin Abdillah ats-Tsaqafi berkata, "Saya bertanya kepada Rasulullah ﷺ "Wahai rasulullah, beritahulah saya tentang suatu amalan yang saya akan/harus berpegang teguh padanya." Nabi ﷺ menjawab, "Katakan, 'Tuhanku dalah Allah, lalu konsisten (istiqamah)." Aku bertanya lagi, "Wahai Rasulullah, apa yang engkau paling khawatirkan dari diriku?" Rasulullah ﷺ menjawab dengan memegang lidahnya dan berkata, "ini" (HR. Muslim dan Tirmidzi).
  6. Suatu hari, kata Abdullah, Rasulullah ﷺ memegang pundak saya seraya bersabda "Hiduplah di duna ini seolah-olah kamu orang asing atau musafir." (HR. Bukhari,Tirmidzi, dan Ibnu Majah).
  7. Wasiat Rasulullah ﷺ kepada pasukan perang, baca di sini.
  8. Dari Abdullah bin Mas'ud ra, Rasulullah ﷺ bersabda, "Hendaklah kalian berlaku jujur, karena jujur itu akan mengantarkan orang pada kebaikan, dan kebaikan itu mengantarkan orang ke surga. Dan tidaklah seseorang itu berlaku jujur dan berusaha jujur sampai akhirnya dicatat disisih Allah sebagai orang jujur; Dan kalian jauhkanlah dusta, karena dusta itu mengantarkan seseorang kepada keburukan, dan keburukan itu membawa seseorang ke neraka. Dan tidaklah seseorang itu berdusta terus hingga akhirnya dia ditetapkan sebagai pendusta." (HR. Muslim, Abu Dawud, dan Tirmidzi).
  9. Rasulullah ﷺ bersabda, "Wahai manusia, bertaubatlah kepada Allah, sesungguhnya aku bertaubat setiap hari sebanyak seratus kali." (HR. Muslim, Abu Dawud, dan Ahmad).
  10. Dari Abdullah ibn Mas'ud ra, Rasulullah ﷺ bersabda, "Wahai para pemuda, siapa diantara kalian yang telah mampu hendaklah dia menikah. Dan siapa yang belum mampu, maka hendaklah dia berpuasa karena hal itu dapat menjadi penjaga." (HR. Bukhari dan Muslim).
  11. Dari Aisyah ra, Rasulullah ﷺ bersabda, "Wahai manusia, kerjakanlah amalan-amalan yang kalian mampu, sesungguhnya Allah tidak akan bosan sampai kalian sediri yang bosan. Dan sesungguhnya amalan yang paling disenangi Allah adalah yang bersinambungan walau itu sedikit." (HR. Bukhari).
  12. Abu Hurairah ra berkata, "Saya diwasiatkan oleh sahabatku (Rasulullah ﷺ) untuk memerhatikan 3 hal yang tidak akan saya tinggalkan selama saya masih hidup, yaitu: Untuk berpuasa sunah 3 hari setiap bulan, shalat dhuha, dan untuk tidak tidur kecuali sudah shalat Witir (HR. Bukhari dan Muslim).
  13. Dari Ibnu Abbas ra, Rasulullah ﷺ bersabda, "Aku tinggalkan untuk kalian dua hal yang jika kalian berpegang pada keduanya, niscaya kalian tidak akan sesat: Kitabullah (al-Qur'an) dan Sunnah Nabi-Nya (-al-Hadits)." (HR. Malik dan Hakim).
Itulah 13 wasiat Rasulullah ﷺ yang penting untuk diketahui dan diamalkan dalam kehidupan kita. Jangan lupa share ke saudara-i muslim yang lain karena berbagi ilmu dan kebaikan itu dicintai oleh Allah dan para Nabi dan Rasul.

Penulis&Artikel: katabaislam.com
Ref: DR.Ahmad Hatta, MA. dkk.
Kol: MagfiraPustaka

Post a comment for "13 Wasiat Rasulullah ﷺ Yang Wajib Diketahui Umat Islam"

INGAT !!!