Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Mukjizat Nabi Muhammad ﷺ Berdasarkan Hadits Sahih, Manakah Yang Paling Dahsyat?

Mukjizat Nabi Muhammad ﷺ Berdasarkan Hadits Sahih

Mukjizat merupakan kejadian atau peristiwa ajaib yang sukar dijangkau oleh kemampuan akan manusia. Mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT kepada Rasul dan Nabi sebagai tanda kerasulannya berbeda-beda. Berikut 12 mukjizat yang diberikan kepada Rasulullah ﷺ:

1. Mukjizat Diberi Salam Oleh Batu Dan Pohon 

Sebelum dan sesudah menjadi rasul, Nabi saw diberi salam oleh batu dan pohon. "Salam untukmu ya Rasulullah saw." Mendengar itu, beliau menoleh ke segala arah, tetapi hanya mendapati batu dan pohon. (HR. Bukhari) 

2. Mukjizat Melihat Masa Depan 

Memiliki kemampuan memberikan informasi tentang kisah para nabi serta kejadian yang akan terjadi pada masa beliau hidup dan masa depan. Itulah sebagian dari berita-berita gaib yang Kami wahyukan kepadamu (Muhammad); tidak pernah engkau mengetahuinya dan tidak (pula) kaummu sebelum ini. Maka bersabarlah, sungguh, kesudahan (yang baik) adalah bagi yang bertakwa. (QS. Hud (11): 49) dan (QS. ar-Rum (30): 1-4) 

3. Mukjizat Keringat 

Dalam kondisi tertentu, Rasulullah saw berkeringat, bahkan cukup banyak bercucuran. Akan tetapi, keringat beliau tidaklah bau seperti keringat kebanyakan orang, bahkan keringat beliau wangi. Keringat Rasulullah saw pernah dikumpulkan beberapa orang, antara lain oleh Ummu Sulaim ra, ibu dari Anas bin Malik ra. Ketika hal ini diketahui Nabi saw dan beliau menanyakan motivasinya, Ummu Sulaim menjawab bahwa keringat itu akan digunakan sebagai campuran minyak wangi. Melihat hal ini, Rasulullah saw membiarkannya. Pembiaran ini menunjukkan bahwa hal ini boleh dilakukan. Jika tidak boleh, dipastikan Rasulullah saw akan melarangnya. (Lihat al-Khasa'is). 

Anas bin Malik ra bercerita: Ummu Sulaim ra menghamparkan selembar tikar kulit sehingga Rasulullah saw dapat tidur siang di atasnya. Beliau berkeringat banyak sekali, lalu Ummu Sulaim mengumpulkan keringat itu untuk mencampurnya dengan minyak wangi, lalu memasukkannya ke dalam botol-botol kecil. Nabi saw bertanya pada Ummu Sulaim, "Apa ini?" la menjawab, "Keringatmu yang kucampur dengan minyak wangiku. (HR. Muslim). 

4. Mukjizat Isra Mi'raj 

Allah swt memberangkatkan jasad dan ruh nabi Muhammad saw dari Masjid al-Haram ke Masjid al-Aqsha, lalu menaikkannya ke langit ketujuh hingga Sidratul Muntaha. Rasulullah saw kembali ke Makkah pada malam yang sama. (QS. al- Isra' [17]: 1) dan (QS. an-Najm [53]: 13-18) 

5. Mukjizat Membuat Buta Musuh Dengan Debu 

Kaum musyrik berkomplot untuk membunuh Rasulullah saw. Mereka mengepung rumah Nabi saw. Saat itulah, Rasulullah saw menerobos keluar dan menaburkan debu sambil membaca surah Yasin. Kisah ini terdapat di dalam al-Qur'an, Dan Kami jadikan di hadapan mereka sekat (dinding) dan di belakang mereka juga sekat, dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat. (QS. Yasin [36]: 9). 

6. Mukjizat Turunnya Al-Qur'an 

Mukjizat ini merupakan yang terbesar dan teragung. Al-Qur'an diturunkan Allah swt untuk umat manusia dan berlaku sepanjang zaman: dulu, kini, dan esok. Sungguh, al-Qur'an ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang Mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar. (QS. al-Isra' (17): 9) dan Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan al-Qur'an, dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya. (QS. al-Hijr (15): 9) 

7. Mukjizat Kala Lapar Menyerang

1) Jabir bin Abdullah melihat Rasulullah saw tersiksa karena rasa lapar. Lalu dia menyembelih seekor hewan dan istrinya memasak satu sha tepung gandum. Setelah masak, Jabir membisiki Rasulullah saw secara pelan-pelan agar datang ke rumahnya bersama beberapa sahabat saja. Namun, Rasulullah saw justru berdiri di hadapan semua orang yang jumlahnya lebih dari seribu orang. Beliau memanggil dan mengajak mereka bersantap bersama, tetapi semuanya makan hingga semuanya kenyang. Bahkan, masih ada sisa daging, begitu pula adonan tepung untuk roti (HR. Bukhari). 

2) An-Nu'man bin Basyir datang ke tempat penggalian parit sambil membawa kurma setangkup tangan untuk diberikan kepada ayah dan pamannya. Ketika itu pula Rasulullah saw lewat di dekatnya dan meminta kurma itu, lalu Rasulullah saw meletakkannya di atas selembar kain. Setelah itu, beliau memanggil semua orang dan mereka pun memakannya. Setelah semua orang yang menggali parit memakannya, ternyata kurma yang hanya setangkup itu masih tersisa, bahkan jumlahnya lebih banyak daripada sebelumnya, hingga ada yang tercecer keluar dari hamparan kain (Ibnu Hisyam).

8. Mukjizat Angin Kencang

Angin kencang terjadi setelah Rasulullah berdoa kepada Allah swt, "Ya Allah, Yang menurunkan al-Kitab dan yang cepat hisabnya, kalahkan lah pasukan musuh, kalahkanlah dan guncangkanlah mereka" (Sahih Bukhari, kitab al-Jihad dan al-Maghazi) pada perang Khandaq.

Doa tersebut dikabulkan Allah dengan mengirimkan angin puyuh bertiup dimalam yang dingin dan gelap membuat pasukan musyrik kocar-kacir. Bumi tinggal "sejengkal" bagi Abu Syufian. Dia pun menyeru kepada kaumnya untuk meninggalkan tempat itu.

9. Mukjizat Membelah Bulan

Kejadiannya berawal saat kaum Quraisy meminta Rasulullah saw membelah bulan untuk membuktikan kenabian beliau. Allah swt lalu memberikan kemampuan kepada Rasulullah saw untuk membelah bulan menjadi dua bagian di Gunung Qubais. Namun, kaum Quraisy tetap tak memercayai Nabi saw meski telah melihat mukjizat tersebut. Dapat dilihat dalam ayat Qur'an berikut, Saat (Hari Kiamat) semakin dekat, bulan pun terbelah." (QS. al-Qamar (54): 1) 

10. Mukjizat Bebasnya Aisyah Dari Fitnah 

Aisyah didera fitnah luar biasa. Yang melakukannya kaum munafik di Madinah. Rasulullah saw sempat tak menegurnya hampir satu bulan dan lalu turunlah firman Allah, Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu (juga). Janganlah kamu mengira berita itu buruk bagi kamu bahkan itu baik bagi kamu. Setiap orang dari mereka akan mendapat balasan dari dosa yang diperbuatnya. Dan barangsiapa di antara mereka yang mengambil bagian terbesar (dari dosa yang diperbuatnya), dia mendapat azab yang besar (pula)." (QS. an-Nur [24]: 11) 

11. Mukjizat Dibantu Malaikat Dalam Perang 

Perang yang dibantu malaikat adalah Perang Uhud, Badar, Ahzab, dan Hunain. Yang tertera jelas dalam ayat Qur'an: (Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu, "Sungguh, Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut" (QS. al-Anfal [8]: 9) dan (QS. al-Anfal [8]: 17). 

12.  Mukjizat Ludah 

Ludah Rasulullah saw tidaklah sama dengan ludah manusia biasa. Ludah beliau harum baunya dan kadang dijadikan obat penyembuh berbagai penyakit seperti penawar racun, sebagaimana yang terjadi pada diri Abu Bakar di Gua Hira, atau penyembuh pada mata Ali yang hampir buta di Perang Khaibar, atau mata seorang sahabat lainnya pada Perang Uhud. 

Wa'il bin Hajar ra bercerita, "Nabi saw disodorkan sebuah wadah berisi air, beliau meminumnya, lalu meludah (mengeluarkan air dari mulut) di wadah itu, kemudian air dalam wadah dituangkan kedalam sumur-dalam lafaz lain: Nabi saw meminum dari wadah dan meludah di sumur tiba-tiba dari sumur itu merebak bau wangian yang harum. (HR. Ahmad).

13. Mukjizat Hujan 

Saat Rasulullah sedang berkhutbah Jumat, ada seseorang minta didoakan agar turun hujan. Hal ini karena terjadi kekeringan. Maka Rasulullah berdoa dan langsung turun hujan deras terus-menerus sampai hari Jumat berikutnya. Namun, seseorang memberi tahu Rasulullah kalau rumah-rumah telah rusak akibat hujan deras terus-menerus. Maka Rasulullah berdoa agar hujan dialihkan ke sekeliling kota Madinah. Awan-awan yang bergerak di atas kota Madinah pun segera pindah di pinggir kota Madinah. (Sumber: HR. Al-Bukahari, no. 3582)

14. Mukjizat Air Keluar Dari Jemari

Dari Anas r.a. bahwasannya Nabi saw pernah meminta air, lalu diberikan kepada beliau sebaskom air. Maka berwudhulah kaum muslimin dengan air itu. Aku memperkirakan jumlah mereka berkisar antara enam puluh sampai delapan puluh orang. Dan aku menyaksikan sendiri air itu keluar dari sela-sela jari beliau.” (HR. Muslim)

Nah setelah mengetahui mukjizat Rasulullah Saw, manakah manurut kalian yang paling dahsyat dan apa alasannya? tulis di kolom komentar. 

Penulis&Artikel: katabaislam.com
Ref: DR.Ahmad Hatta, MA. dkk.
Kol: MagfiraPustaka

Post a comment for "14 Mukjizat Nabi Muhammad ﷺ Berdasarkan Hadits Sahih, Manakah Yang Paling Dahsyat?"

INGAT !!!