Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Page Language

5 Jenis Obat Yang Dianjurkan Oleh Rasulullah ﷺ Untuk Semua Penyakit

Obat Rasulullah ﷺ Untuk Semua Jenis Penyakit

Kataba Islam - Tahukah kita bahwa Rasulullah ﷺ telah menganjurkan beberapa obat yang dapat menyembuhkan segala jenis penyakit, seperti sakit demam / panas, bercak dikulit wajah (jerawat), sakit kepala, sakit perut, mual, diare dan lainnya.


1. Sakit Demam / Panas

Demam merupakan kondisi suhu tubuh melebihi 380C dari suhu tubuh normal, yaitu antara 36,10C sampai 37,20C.


Gejala

Demam menandakan adanya penyakit atau kondisi lain di dalam tubuh.  Biasanya, demam akan disertai gejala lain akibat kondisi yang mendasarinya seperti:
  1. Sakit kepala
  2. Menggigil
  3. Nyeri otot
  4. Kehilangan nafsu makan
  5. Lemas
  6. Berkeringat

Penyebab

Sakit demam / panas dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti:
  1. Penyakit infeksi, seperti infeksi virus, bakteri, jamur, parasit.
  2. Menerima beberapa jenis imunisasi, seperti difteri dan tetanus.
  3. Penyakit yang menyebabkan peradangan kronis, seperti reumathoid arthritis.
  4. Menerima obat.
  5. Kanker.

Obat Sakit Demam / Panas

Dalam mengatasi sakit demam atau panas tubuh yang berlebihan, Nabi Muhammad ﷺ menganjurkan kita dengan cara dikompres dengan air sebagaimana dalam sebuah hadist sahih dari Ibnu 'Umar ra yang berbunyi:

Rasulullah ﷺ bersabda, "Panas demam itu berasal dari didihan api neraka Jahanam. Karena itu dinginkanlah panasnya dengan air." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Penyakit Bercak di Kulit Wajah (Flek Hitam)

Flek hitam merupakan kondisi yang umum terjadi pada kulit wajah, lengan dan bahu. Bintik-bintik ini akan cenderung mudah dilihat dan mudah muncul pada orang dengan warna kulit cerah.

Gejala

Flek hitam dapat dialami oleh semua orang di segala usia. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya flek hitam, yaitu:
  1. Sering terpapar sinar matahari atau terpapar dalam waktu yang lama
  2. Memiliki kulit putih atau cerah
  3. Memiliki keluarga yang juga mengalami kondisi serupa (faktor genetik)

Penyebab

Flek hitam muncul karena meningkatnya produksi melanosome dalam melanin, terutama setelah terpapar oleh sinar matahari sehingga penggunaan tabir surya sangat disarankan untuk orang dengan kecenderungan ini.

Orang-orang yang hidup di sekitar garis khatulistiwa cenderung memiliki lebih banyak melanin sebagai respons tubuhnya terhadap sinar matahari. Hal ini dipengaruhi oleh karakteristik melanin yang dapat menyerap sinar matahari, sekaligus menghalau radiasi UV.

Orang-orang dengan kulit cerah dan memiliki rambut pirang atau merah adalah yang sering mengalami kondisi ini. Flek hitam juga bisa muncul pada orang-orang tua.

Obat

Bercak di kulit wajah dan semua jenis penyakit dapat diobati dengan Ruqyah sebagaimana dalam sebuah hadis sahih berikut:
  1. Ummu Salamah ra. istri Nabi Muhammad ﷺ bercerita bahwa Rasulullah ﷺ berkata tentang budak perempuan yang berada di rumah Ummu Salamah ra. Wajah budak itu terdapat bercak hitam sisa perubahan warna kulit.

    Beliau bersabda, "Dia terkena penyakit karena pandangan mata hasud, maka mintakanlah bacaan ruqyah baginya.“ Beliau bermaksud agar kulit wajah budak tersebut kuning kembali. (HR. Muslim

  2. Aisyah ra. bercerita, Jibril meruqyah Nabi ﷺ ketika dengan berdoa,"Dengan menyebut nama Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Aku meruqyahmu dari segala sesuatu yang menyakitimu, dari keburukan hasudnya orang-orang yang hasud, dan dari keburukan orang-orang yang hasud dengan matanya." (HR Muslim dan Ahmad

  3. Aisyah ra. berkisah jika mereka sakit maka Rasulullah ﷺ membaca Mu'awwidzat (surah al-Falaq dan An- Nas) lalu meniupkannya (kemudian mengusap wajah dan tubuhnya). (HR Bukhari

  4. Aisyah ra. berkata, biasanya jika salah seorang di antara kami ada yang sakit, Rasulullah ﷺ mengusapnya dengan tangan kanan beliau dan berdoa,

    "Hilangkanlah penyakitnya, wahai Tuhan Manusia! Berilah kesembuhan karena Engkaulah penyembuh (segala penyakit). Tiada kesembuhan kecuali kesembuhan-Mu, yaitu kesembuhan yang tiada meninggalkan penyakit.

3. Obat Sakit Kepala

Hampir semua orang dewasa telah merasakan sakit kepala. Terkadang terasa nyeri yang sangat hebat di bagian belakang, samping, atas, atau di depan kepala.

Gejala

Gejala sakit kepala yaitu sakit atau nyeri di kepala, yang bisa menyebar ke wajah, leher, dan bahu. Penglihatan penderita juga dapat menjadi buram, serta lebih sensitif terhadap cahaya dan suara.

Penyebab

Sakit kepala dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu sakit kepala yang tidak terkait pada penyakit lain atau sakit kepala primer, dan sakit kepala akibat adanya penyakit lain atau sakit kepala sekunder. Berikut beberapa penyebab terjadinya sakit kepala primer dan sekunder:
  1. Gangguan pada otot leher dan kepala.
  2. Aktivitas kimia di otak.
  3. Pembuluh darah atau saraf.
  4. Gegar otak
  5. Aneurisma otak.
  6. Neuralgia trigeminal.
  7. Keracunan karbon monoksida.
  8. Serangan panik.
  9. Meningitis.
  10. Penyumbatan pembuluh darah di otak.
  11. Radang pada otak.

Obat

Sakit kepala dan segala macam penyakit dapat diobati dengan bekam, sebagaimana dalam riwayat hadits sahih berikut:
  1. Dari Ibnu Abbas ra, bercerita bahwa Rasu- lullah ﷺ dalam keadaan berihram, beliau dibekam di bagian kepalanya karena merasa sakit di bagian tersebut. (HR Bukhari).


  2. Anas bin Malik ra ditanya tentang penghasilan seorang pembekam, ia menjawab: Rasulullah ﷺ pernah berbekam, beliau dibekam oleh Abu Thaibah. Lalu beliau memerintahkan agar Abu Thaibah diberi dua sha' makanan dan berbicara kepada keluarganya, lalu mereka mengurangi sebagian dari pajaknya. Kemudian beliau bersabda, "Sebaik-baik obat yang kamu gunakan adalah berbekam." (HR Bukhari dan Muslim).

4. Obat Sakit Perut, Mual, dan Diare 

Sakit perut adalah rasa nyeri yang muncul di perut, yaitu area di antara tulang iga dan tulang panggul. Ketika mengalami sakit perut, seseorang dapat merasakan kram, mulas, atau rasa seperti tertusuk di perut.

Mual adalah mekanisme pertahanan diri yang menyebabkan suatu sensasi tidak nyaman di perut dan membuat seseorang merasa ingin muntah.

Diare adalah kondisi di mana feses yang dikeluarkan encer atau berair dengan frekuensi lebih sering daripada biasanya.

Gejala

Sakit Perut

Gejala sakit perut seperti kram, mulas, atau menusuk, dengan tingkatan ringan hingga berat.

Mual

Gejala mual yaitu terjadinya rasa tidak nyaman pada perut yang menimbulkan perasaan ingin muntah. Gejala dapat disertai dengan adanya nyeri perut, penurunan nafsu makan, pusing, lemas, dan perut kembung.

Diare

Gejala diare antara lain seperti kram perut, mual dan muntah, sakit kepala, dan hilangnya nafsu makan.

Penyebab

Sakit Perut

Sakit perut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti:

Pada diare, sakit perut disebabkan oleh adanya proses infeksi, baik yang disebabkan karena virus, bakteri, parasit, ataupun jamur. 

Pada sindrom dispepsia, sakit perut dapat disebabkan oleh makanan yang terlalu asam, pedas, atau makanan yang dapat menghasilkan banyak gas seperti brokoli, kol, dan soda. 

Penyebab sakit perut lainnya juga dapat berupa peradangan usus buntu, batu empedu, perdarahan lambung, serta peradangan pada divertikulum (kantung kecil pada dinding usus besar).

Mual

Mual pada umumnya dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut:
  1. Terlalu banyak makan.
  2. Menghirup aroma yang menjijikan atau tidak Anda sukai.
  3. Berada dalam kendaraan.
  4. Sedang hamil, khususnya pada trimester awal kehamilan.
  5. Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras.

Diare

Sebagian besar diare disebabkan oleh infeksi kuman di usus besar. Namun, diare yang berlangsung lama dapat terjadi akibat radang di saluran pencernaan.

Obat

Sakit perut, mual, diare dan penyakit lainnya diobati dengan meminum Madu sebagaimana sabda rasulullah dalam hadits sahih berikut,

Abu Sa'id al-Khudri ra berkisah, seorang laki-laki menemui Nabi Muhammad ﷺ untuk memberitahu kondisi saudaranya yang sakit perut dan diare. Rasulullah ﷺ bersabda,"Berilah dia minum madu." Sahabat tersebut memberi saudaranya madu. 

Lalu, ia kembali menemui Nabi ﷺ dam berujar, " Wahai Rasulullah ﷺ, saya sudah memberinya madu namun malah bertambah diare." Rasulullah ﷺ pun berujar, "Beri dia minum madu." 

Sahabat itu lagi- lagi menemui Nabi ﷺ dan berkata, "Wahai Rasulullah ﷺ, saya sudah memberinya madu lagi namun malah bertambah diare." Rasulullah ﷺ pun bersabda,"Allah itu benar dan perut saudara kamu sudah bohong. Berikanlah dia madu.

Sahabat tersebut kembali memberikan madu, dan saudaranya pun sembuh. (HR Tirmidzi)

5. Obat Segala Macam Penyakit

Penyakit adalah kondisi abnormal tertentu yang secara negatif memengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh tubuh suatu makhluk hidup, dan bukan diakibatkan oleh cedera eksternal apa pun.


Segala macam penyakit ini dapat diobati dengan cara meminum Habba Sauda, sebagaimana yang dianjurkan Rasululah ﷺ dalam sebuah hadits sahih berikut,

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah ﷺ bersabda, "Sesungguhnya pada Habbah Sauda (jintan hitam) itu terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian." (HR Bukhari dan Muslim)


Penulis/Artikel: katabaislam.com
Ref: DR.Ahmad Hatta, MA. dkk.
Kol: MagfiraPustaka

Post a comment for "5 Jenis Obat Yang Dianjurkan Oleh Rasulullah ﷺ Untuk Semua Penyakit"

INGAT !!!