Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Agama Yang Diridahi Oleh Allah SWT Berdasarkan Al-Qur'an

Agama Yang Diridahi Oleh Allah ﷻ Berdasarkan Al-Qur'an

Kataba Islam - Berbagai macam agama yang ada di dunia dengan kepercayaan yang berbeda-beda. Setiap agama memiliki keyakinan dan cara tertentu dalam melakukan ibadah. 

Namun tahukah kita bahwa Allah ﷻ pemilik kerajaan langit dan bumi telah memberi peringata dan kabar gembira tentang agama yang diridahi-Nya melaui Nabi Muhammad ﷺ yang diberikan wahyu (Mukjizat Al-Qur'an dan Hikmah Sunnah).


Beriku 28 ayat tentang agama yang di ridahi Allah ﷻ.

1. Al-Baqarah 2:112

Artinya: Tidak! Barang siapa menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah, dan dia berbuat baik, dia mendapat pahala disisih Tuhannya dan tidak ada rasa takut kepada mereka dan mereka tidak bersedih hati.

2. Al-Baqarah 2:213

Artinya: Manusia itu (dahulunya) satu umat. Lalu Allah mengutus para Nabi (untuk) menyampaikan kabar gembira dan peringatan. Dan diturunkan-Nya bersama mereka Kitab yang mengandung kebenaran, untuk memberi keputusan diantara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. 

Dan yang berselisih hanyalah orang-orang yang telah diberi (Kitab), setelah bukti-bukti yang nyata sampai kepada mereka, karena kedengkian di antara merekasendiri. 

Maka dengan kehendak-Nya, Allah memberi petunjuk kepada merekayang beriman tentang kebenaran yang mereka perselisihkan. Allah memberi petunjuk kepada siapa yang dia kehendaki ke jalan yang lurus.

3. Al-Imraan 3:19

Artinya: Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam. Tidklah berselisih antara orang-orang yang diberi Kitab kecuali setelah mereka memperoleh ilmu, karena kedengkian di antara merek. 

Barang siapa iangkar terhadap ayat-ayat Allah, maka sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya.

4. Al-Imraan 3:83

Artinya: Maka mengapa mereka mencari agama yang lain selain agama Allah, padahal apa yang ada di langit dan di bumi berserah diri kepada-Nya, (baik) dengan suka maupun terpaksa, dan hanya kepadaNya mereka dikembalikan?

5. Al-Imraan 3:102

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim.

6. An-Nisaa 4:125

Artinya: Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang dengan ikhlas berserah diri kepada Allah, sedang dia mengerjakan kebaikan, dan mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah telah memilih Ibrahim menjadi kesayangan-(Nya).

7. Al-Maidah 5:3

Artinya: Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih. 

Dan (diharamkan pula) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan pula) mengundi nasib dengan azlam (anak panah) (karena) itu suatu perbuatan fasik. 

Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku. Pada hari ini Aku telah sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah aku ridai Islam sebagai agamamu. 

Tetapi barang siapa terpaksa karena lapar bukan karena ingin berbuat dosa, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

8. Al-An'aam 6:14

Artinya: Katakanlah (Muhammad), "Apakah aku akan menjadi pelindung selain Allah yang menjadikan langit dan bumi, padahal Dia memberi makan dan tidak diber makan?" 

Katakanlah, "Sesungguhnya aku diperintahkan agar aku menjadi orang yang pertama berserah diri (kepada Allah), dan janganlah sekali-kali kamu masuk golongan orang-orang musyrik."

9. Al-An'aam 6:70

Artinya: Tinggalkanlah orang-orang yang menjadikan agamanya sebagai permainan dan senda gurau, dan mereka telah tertipu oleh kehidupan dunia. Peringatkanlah (mereka) dengan Al-Qur'an agar setiap orang tidak terjerumus (ke dalam neraka), karena perbuatannya sendiri. 

Tidak ada baginya pelindung dan pemberi syafaat (pertolongan) selain Allah. Dan jika dia hendak menembus dengan segala macam tembusan apa pun, niscaya tidak akan diterima. 

Mereka itulah orang-orang yang dijerumuskan (ke dalam neraka), disebabkan perbuatan mereka sendiri. Mereka mendapat minuman dari air yang mendidih dan azab yang pedih disebabkan kekafiran mereka dahulu.

10. Al-An'am 6:125

Artinya: Barang siapa dikehendaki Allah akan mendapat hidayah (petunjuk), Dia akan membukakan dadanya untuk (menerima) Islam. 

Dan barang siapa dikehendaki-Nya sesat, Dia jadikan dadanya sempit dan sesak, seakan-akan dia (sedang) mendaki ke langit. Demikianlah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.

11. Al-An'aam 6:161

Artinya: Katakanlah (Muhammad) "Sesungguhnya Tuhanku telah memberiku petunjuk ke jalan yang lurus, agama yang benar, agama Ibrahim yang luru. Dia (Ibrahim) tidak termasuk orang-orang musyrik."

12. Al-An'aam 6:162

Artinya: Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan seluruh alam.

13. An-Naml 27:91

Artinya: Aku (Muhammad) hanya diperintahkan menyembah Tuhan negeri ini (Mekah) yang Dia telah menjadikan suci padanya dan segala sesuatu adalah milik-Nya. Dan aku diperintahkan agar aku termasuk orang muslim.

14. Al-Ahzaab 33:35

Artinya: Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan (bertingkah laku) seperti orang-orang jahiliah dahulu, dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. 

Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, wahai Ahlulbait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.

15. Az-Zumar 39:11

Artinya: Katakanlah, "Sesungguhnya aku diperintahkan agar menyembah Allah dengan penuh ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama.

16. Az-Zumaar 39:12

Artinya: Dan aku diperintahkan agar menjadi orang yang pertama-tama berserah diri."

17. Az-Zumaar 39:22

Artinya: Maka apakah orang-orang yang dibutakan hatinya oleh Allah untuk (menerima) agama Islam lalu dia mendapat cahaya dari Tuhannya (sama dengan orang yang hatinya membatu)? Maka celakalah mereka yang hatinya telah membatu untuk mengingat Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata.

18. Al-Gaafir 40:66

Artinya: Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya, aku dilarang menyembah sembahan yang kamu sembah selain Allah setelah datang kepadaku keterangan-keterangan dari Tuhanku; dan aku diperintahkan agar berserah diri kepada Tuhan seluruh alam."

19. Fussilat 41:43

Artinya: Apa yang dikatakan (oleh orang-orang kafir) kepadamu tidak lain adalah apa yang telah dikatakan kepada rasul-rasul sebelummu. Sesungguhnya, Tuhanmu mempunyai ampunan dan azab yang pedih.

20. Ash-Shura 42:13

Artinya: Dia (Allah) telah mensyariatkan kepadamu agama yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa, dan Isa, yaitu tegakkanlah agama (keimanan dan ketakwaan) dan janganlah kamu berpecah-belah di dalamnya. 

Sangat berat bagi orang-orang musyrik (untuk mengikuti) agama yang kamu serukan kepada mereka. Allah memilih orang yang Dia kehendaki kepada agama tauhid dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya bagi orang yang kembali (kepada-Nya).

21. Al-Jaathiya 45:18

Artinya: Kemudian Kami jadikan engkau (Muhammad) mengikuti syariat (peraturan) dari agama itu, maka ikutilah (syariat itu) dan janganlah engkau ikuti keinginan orang-orang yang tidak mengetahui.

22. Al-Jaathiya 45:19

Artinya: Sungguh, mereka tidak akan menghindarkan engkau sedikit pun dari (azab) Allah. Dan sungguh, orang-orang yang zalim itu sebagian menjadi pelindung atas sebagian yang lain; sedang Allah pelindung bagi orang-orang yang bertakwa.

23. As-Saff 61:9

Artinya: Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar, untuk memenangkannya di atas segala agama meskipun orang-orang musyrik membencinya.

24. Al-Jinn 72:14

Artinya: Dan di antara kami ada yang Islam dan ada yang menyimpan dari kebenaran. Siapa yang Islam, maka mereka itu telah memilih jalan yang lurus.

25. Al-Bayyina 98:4

Artinya: Dan tidaklah terpecah-belah orang-orang Ahli Kitab melainkan setelah datang kepada mereka bukti yang nyata.

26. Al-Bayyina 98:5

Artinya: Padahal mereka hanya diperintahkan menyembah Allah, dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan salat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar).

27. An-Nasr 110:1

Artinya: Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,

28. An-Nasr 110: 2

Artinya: dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah,

Pelajaran:

Hanya agama Allah ﷻ yang patut dipeluk. Tidak patut bagi manusia untuk mencari agama selain agama islam. Hanya islamlah yang mendapat pengakuan dan Ridha Allah ﷻ bagi umat Nabi Muhammad ﷻ sebagai nabi terakhir (Q.S. Ali-Imran 3:19)

Islam adalah agama yang mengajarkan untuk bertakwa kepada Zat Pencipta seluruh alam. Segala sesuatu pasti akan dikembalikan kepadanya (Q.S. Ali-Imran 3:83)

Penulis&Artikel:Kataba Islam
Ref/Kol.Maghfira Pustaka

INGAT !!!